Share With Your Friends...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter

SEPULUH SUARA TERKERAS DI DUNIA

Suara yang keras sering terjadi setiap hari. Ketika  Anda mendengar suara anjing menggonggong atau suara bising ketika melewati pekerjaan konstruksi dan Anda menutup telinga, itu adalah cara yang umum untuk melindungi telinga Anda terhadap suara yang bising. Ambang batas rasa sakit pada telinga manusia adalah 120-130 dB. Setiap suara di atas 85 dB dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Berikut adalah 10 suara yang dihasilkan sepanjang sejarah dan bagaimana kerasnya suara itu.

10. Konser Rock/ Speaker

Sebuah konser rock rata-rata memiliki kapasitas 400.000 Wat atau jika dikonversi kedalam satuan kuat bunyi mampu mereproduksi suara sebesar 135dB – 140dB. Mungkin itu alasan penyelenggara konser musik rock  merekomendasikan Anda memakai pelindung telinga untuk melindung telinga dari paparan  suara sebesar 135-140 dB.

rock concert-@akustika.co.id

9. Kembang Api

Fireworks

Meskipun kita tidak pernah mendengar dari dekat, kembang api tetap meledak dengan sangat keras. Suara yang terdengar dari langit cukup keras, meskipun tidak merusak telinga, tapi pada titik meledaknya, tingkat decibel mencapai hasil yang mengejutkan yaitu 145-150 dB. Bahkan pengetesan dilakukan di bawah pengawasan yang ketat untuk menghindari cedera telinga.

8. Tembakan

Suara tembakan adalah hal yang berbahaya bagi siapa pun yang berdiri di dekatnya karena dapat merusak telinga.  Yang tercatat pada suara ledakan tembakan   adalah 145-155 dB. Ini adalah alasan mengapa Anda harus selalu memakai pelindung telinga saat di lapangan tembak.

050124-M-8479B-002
Najaf Province, Iraq (Jan. 24, 2005) - Marines from Tank Platoon, Battalion Landing Team 1st Battalion, 4th Marines, 11th Marine Expeditionary Unit (Special Operations Capable), fire their M1A1 Abrams tank main gun in the western desert of Najaf Province, Iraq, during a training exercise.  The Marine tank crewmembers train monthly to remain proficient with the M1A1 tank. U.S. Marine Corps photo by Gunnery Sgt. Robert K. Blankenship (RELEASED)

7. NHRA Dragsters

NHRA Dragsters-@akustika.co.id

Duduk di samping mobil balap memiliki resiko tinggi, bukan hanya merusak pendengaran anda, hal itu juga dapat merusak seluruh tubuh Anda. Pada kisaran 155-160 dB tidak hanya akan merusak pendengaran anda secara permanen, tetapi juga menggetarkan pandangan Anda dan membuat anda sulit untuk menelan. Itu sebabnya perlindungan yang baik diperlukan ketika menjadi seorang racer.

6. Peluncuran Pesawat Luar Angkasa

Ketika roket diluncurkan, kebisingan yang dihasilkan benar-benar mengerikan. Oleh karena itu anda boleh berdiri minimum setengah mile dari posisi peluncuran roket. Tujuannya agar anda tidak terpapar langsung oleh bunyi kebisingan sebesar 165-170 dB. Berbeda seperti bunyi kebisingan lainnya, kebisingan roket merupakan jenis kebisingan yang continuos, dimana bunyi kebisingan yang dihasilkan adalah konstan. Bunyi tersebut dihasilkan akibat semburan api panas yang mendorong roket tersebut agar mengangkat dari tanah.

Space Shuttle Launch-@akustika.co.id

5. Paus Biru

The Blue Whale-@akustika.co.id

Paus biru pada umumnya mengeluarkan suara yang sangat keras, terstruktur, berulang-ulang pada frekuensi rendah sehingga menghasilkan suara gemuruh yang dapat menjangkau beberapa mil di bawah air. Suara ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan paus biru lainnya, terutama dalam rangka untuk menarik dan mencari pasangan. Suara yang dihasilkan dari paus biru bisa mencapai 188dB. Bunyi yang luar biasa keras ini dapat didengar sejauh ratusan mile di bawah air. Paus adalah hewan yang memiliki suara paling keras dan salah satu hewan terbesar di bumi.

4. Gunung Merapi – Krakatau

1883 letusan Krakatau mengeluarkan lebih dari 25 kilometer kubik  batu, abu, dan batu apung serta menghasikan suara paling keras dalam sejarah yang pernah dilaporkan. Ledakan tersebut lebih dari 180dB, serta ledakan dahsyat itu jelas terdengar sampai ke Perth di Australia approx. 1.930 mil (3.110 km), dan Pulau Rodrigues dekat Mauritius approx. 3.000 mil (5.000 km).

Volcano – Krakatoa-@akustika.co.id

3. 1-Ton TNT Bom

1-Ton TNT Bomb-@akustika.co.id

Berdiri sedekat 100 meter dari ledakan 1 ton TNT adalah hal yang membahayakan. Bunyi yang dihasilkan dari 1 ton TNT adalah 210dB. Tanpa perlindungan pendengaran yang cukup, anda memiliki potensi untuk mati dengan segera akibat guncangannya.

2. 5.0 Richter Gempa Bumi

Sebuah gempa yang mampu membelah tanah menjadi dua sehingga menghancurkan bangunan dan kehidupan manusia, dapat menghasilkan suara hingga 235 dB. Jika Anda terjebak dalam pusat gempa tersebut, kemungkinan besar Anda akan mati sebelum barang-barang disekitar menimpa anda.

5.0 Richter Earth Quake-@akustika.co.id

1.  Meteor Tunguska

Tunguska Meteor-@akustika.co.id

Peristiwa Tunguska adalah ledakan besar yang terjadi di dekat Sungai Tunguska Podkamennaya (Under Rock) yang sekarang adalah Krasnoyarsk Krai Rusia, pada pukul 7:40 pagi pada 30 Juni 1908. Ledakan kemungkinan besar disebabkan oleh ledakan udara besar meteor atau pecahan komet pada ketinggian 5-10 kilometer (3 – 6 mil) di atas permukaan bumi. Jika diukur maka ledakannya setara degan 1000 Mega ton bom, dengan tingkat kuat bunyi mencapai 300-315dB. Hal ini bisa dianggap sebagai salah satu peristiwa yang menimbulkan suara paling keras yang tercatat dalam sejarah manusia.

Share With Your Friends...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter