Share With Your Friends...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter

NTi AUDIO SEMINAR IN SINGAPORE – OCTOBER 2016

Pada bulan Oktober 2016, 2 hari penuh seminar mengenai pengukuran audio dan akustik yang dilaksanakan di Singapore oleh tim NTi Audio Switzerland – Berno Nigsch. Berno Nigsch adalah seorang product manager di perusahaan NTi Audio, terbang langsung dari Switzerland untuk memberikan workshop di Singapore. Berno Nigsch sendiri yang menangani masalah teknis dan penjualan produk NTi Audio untuk seluruh dunia. Keramahan Berno Nigsch membuat dirinya disenangi oleh para pengguna produk NTi.

Secara khusus tim Akustika Swara Indonesia diundang oleh NTi Audio Singapore untuk menghadiri seminar ini. Sebagai perwakilan, tim Akustika Swara Swara Indonesia mendelegasikan kehadirannya pada acara seminar tersebut oleh Mr.  Vicky Halim.

Di seminar kali ini Berno Nigsch membahas materi yang berkaitan dengan optimasi setup live audio performance sebelum acara berlangsung, pengamatan polusi kebisingan, pengukuran tingkat kejelasan bunyi dan metoda penyajian data.

Berno Nigsch membahas tentang hampir semua metoda pengukuran akustik dan audio, dimana pemahaman ini sangat penting bagi para kaum pofesional dibidang akustik maupun audio. Para hadirin mempelajari bagaimana mencapai kualitas suara yang terbaik.

OPTIMASI SETUP LIVE AUDIO PERFORMANCE

Keberhasilan berlangsungnya suatu acara, tidak lepas dari kualitas audio yang disajikan kepada pendengar. Berno memaparkan metoda tuning audio pada tahap awal sebelum acara berlangsung. Teknik yang digunakan adalah averaging sound level pada beberapa titik dengar. Setelah didapat hasil pengukuran tersebut maka adjustment dapat dilakukan pada perangkat audio. Jika setup awal dilakukan dengan sempurna maka proses mixing pada kegiatan yang sedang berlangsung akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan kualitas suara yang diharapkan.

PENTINGNYA PEMANTAUAN TINGKAT KEBISINGAN

Ada suatu studi kasus di Portugal, seorang pemilik Club memiliki semangat untuk memberikan kepuasan yang lebih bagi customernya dengan cara meningkatkan intensitas suara loudspeakernya. Hal ini memicu Club-club lainnya untuk saling bersaing memacu intensitas bunyi pada club mereka. Akhirnya, polisi datang dan menghentikan kegiatan mereka karena hal ini membuat para turis disekitar area tersebut tidak dapat beristirahat. Bercermin dari studi kasus di Portugal, bahwa masalah ini seringkali dihadapi apalagi bagi masyarakat di perkotaan yang bermukim disekitar tempat hiburan malam. Dengan cara memantau tingkat kebisingan dan pengelolaan manajemen kebisingan, seharusnya permasalahan ini tidak perlu terjadi. Berno menegaskan betapa pentingnya pemantauan intensitas kebisingan.

PENGUKURAN INDEX TINGKAT KEJELASAN BUNYI ( STIPA – Speech Transmission Index Public Announcement ) PADA FASILITAS PUBLIK

Pernahkah kita tidak dapat mendengar dengan jelas apa yang disampaikan oleh announcer pada ruang-ruang public seperti bandara, stasiun, terminal dan ruang publik lainnya? Hal ini bukan hanya dapat menyebabkan kerugian bagi pengguna ruang-ruang tersebut namun dapat membahayakan keselamatan penggunanya. Tidak jelasnya suara pada ruang-ruang publik terkadang tidak selalu disebabkan oleh loudspeaker namun dapat terjadi karena buruknya kualitas akustik pada ruang-ruang publik. Melakukan identifikasi index tingkat kejelasan suara sangat diperlukan agar dapat mengklasifikasikan index ruang dan improvisasi kualitas akustik pada ruang-ruang publik. Dengan memiliki data identifikasi awal, maka perhitungan perbaikan akustik dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas suara pada ruang-ruang public.

Seminar yang disajikan oleh tim NTi Audio memiliki kontribusi yang sangat baik karena memberikan pemahaman yang aplikatif dan menyentuh permasalahan serta  penyelesaian secara langsung bagi para hadirin. Dengan adanya pemaparan mengenai metoda pengukuran akustik dan audio, maka peserta seminar memiliki sudut pandang yang lebih luas didalam memperbaiki kualitas suara secara efektif.

Share With Your Friends...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter