Share With Your Friends...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter

BAGAIMANA BURUNG HANTU DAPAT TERBANG TANPA SUARA ?

Anda tahu mengapa penyihir memilih burung hantu untuk mengirim pesan mereka? Ini bukan karena mereka sangat keren (tidak dapat dipungkiri meskipun mereka salah satu burung yang paling bergaya), itu karena mereka hampir tidak membuat suara apapun saat mereka terbang. Mungkin kita bisa mempercayai mereka untuk menyampaikan pesan pribadi Anda dengan sangat tersembunyi dan rahasia. Tapi bagaimana mereka bisa terbang di udara tanpa suara? Mereka hampir tidak mengepakan sayap sama sekali setelah mereka mulai terbang.

 

Jika kita lihat video BBC diatas, para peneliti melakukan percobaan dengan tiga burung yaitu merpati, peregrine, dan barn owl untuk meneliti bagaimana mungkin untuk itu makhluk berbulu nokturnal dapat terbang dengan sangat pelan sampai perlengkapan audio yang canggih tidak bisa merekamnya ketika mereka terbang.

 

Anda dapat melihat, dari decibel yang dihasilkan dari setiap burung, terdapat perbedaan dramatis dalam gerakan sayap di antara tiga burung tersebut. Merpati, dengan tubuh besar dan sayap kecil, membutuhkan banyak mengepakkan cepat untuk tetap di udara, sehingga penerbangan yang terdengar seperti Curly dari The Three Stooges. Peregrine, dengan sayapnya yang lebih besar, tidak perlu bekerja keras, tetapi masih memiliki mengepakkan untuk menghasilkan kecepatan yang diperlukan untuk itu untuk menangkap mangsanya.

pigeon-flight-@akustika.co.id
peregrine-flight-@akustika.co.id

Namun, burung hantu membutuhkan banyak hal untuk terbang selain daripada katup tunggal yang digunakan pada saat lepas landas. Sayap yang besar dan badan yang kecil sangat memungkinkan untuk meluncur dengan mudah diudara, yang artinya tidak ada pergerakan apapun diudara, oleh karena itu tidak ada suara apapun yang dihasilkan.

Selain dari pola sayapnya, jenis bulu yang ada pada burung hantu menghasilkan sangat sedikit turbulensi udara dibandingkan dua burung lainnya.

Bukan karena anda tidak dapat mendengar; tetapi peralatan audio yang mereka digunakan tidak bisa mengambil suara apapun. Lihatlah pada video rekaman ,satu-satunya suara yang dihasilkan dari burung hantu adalah sebelum dan sesudah lepas landas.

owl-flight-@akustika.co.id
audio-owl-flight-@akustika.co.id

Jika Anda melihat dari  dekat terdapat kedua bentuk gelombang pada rekaman audio, hal ini terjadi ketika mau lepas landas dan mau mendarat. Pada bagian tengah gelombang terdapat dua puncak suara yang sangat kecil, itu terjadi ketika burung tersebut mau menaikan ketinggian posisi terbangnya, jika dilihat gelombang yang dihasilkan pun sangat kecil.

Tidak adanya suara mungkin secara sederhana dapat dikatakan minimnya gerakan sayap, tetapi hal itu merupakan kesederhanaan yang penuh keanggunan dan kecantikan, dan ini berasal dari efisiensi evolusi. Burung hantu merupakan  predator yang mengeluarkan energi lebih sedikit untuk berburu makanannya pada malam hari. Kesunyian pergerakan burung hantu membuat mangsanya hampir tidak dapat mendeteksi kedatangannya.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ada burung lain yang dapat terbang sebagai seperti burung hantu, jadi saya mencoba menyampaikan ke Aviary Nasional di Pittsburgh untuk meminta ahli mereka mencari spesies dengan kemampuan yang sama. Mereka menunjuk ke Tawny Frogmouth, sebuah burung yang luar biasa mengagumkan ditemukan di Australia pada malam hari. Mereka mengatakan, burung ini memiliki struktur bulu yang sama sehingga mereka juga memiliki kemampuan terbang hampir tanpa suara.

Share With Your Friends...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter