Share With Your Friends...
Share on Facebook2Tweet about this on Twitter0Google+2

3 MOBIL TERSENYAP DI DUNIA

poin-uji-kebisingan

Mesin, body, ban, chassis – setiap bagian dari mobil menghasilkan kebisingan. Majalah Jerman AUTO BILD memutuskan untuk melakukan tes dan evaluasi dari 14 mobil yang berbeda

Ruang pada mesin menimbulkan bunyi decitan dan derakan. Suara angin yang masuk kedalam kabin melalui celah-celah jendela, semakin mobil melaju cepat maka desisan angin juga semakin kencang. Plat mobil pun ikut bergetar, bunyi gemuruh ban, semua menimbulkan hiruk pikuk kebisingan yang menjadi satu dalam berkendara.

Beruntungnya, saat ini semua sudah berubah. Mesin menjadi lebih senyap dan bodi mobil memiliki sistem insulasi yang lebih baik. Kebanyakan mobil memiliki kebisingan pada kecepatan tinggi atau saat akselerasi mesin hidup. Seiring bertambahnya kecepatan mobil kebisingan yang dihasilkan pun ikut meningkat pada ban, chassis dan angin secara intensif.

Majalah Jerman AUTO BILD melakukan uji coba pada 14 mobil untuk melihat seberapa bising yang dihasilkan oleh masing-masing mobil. Pengukuran ini dilakukan tidak hanya menggunakn parameter decibel seperti pada umumnya, lebih presisi dari dB(A), yaitu parameter Sones.

Berbeda dengan decibel dimana hanya mengukur secara fisik suara yang terdeteksi, parameter Sone memberikan evaluasi yang lebih realistis pada pengalaman manusia terhadap kebisingan.

Sistem yang digunakan untuk mengukur kebisingan memiliki akurasi yang luar biasa. Contohnya: Pengukuran ini dapat membedakan antara kebisingan yang ditimbulkan oleh ban, angin dan mesin. Bahkan perbedaan antara duduk dekat dengan jendela atau ditengah mobil dapat di filter oleh perangkat lunak yang digunakan.

Hal ini memungkinkan untuk mengukur tingkat kejelasan berbicara didalam mobil. Selama pengujian, sistem dapat mengidentifikasi suara secara spesifik yang dapat mempengaruhi tingkat pembicaraan yang dapat dimengerti.

Hasil dikumpulkan dari 7 parameter yang diukur dan dirangkum serta dievaluasi menggunakan sistem poin. Dan semua mobil diberi penilaian secara keseuluruhan.

Inilah ke-14 mobil yang diuji oleh AUTO BILD dan tim Bruel & Kjaer

• Audi A3 SB1.8 TFSI – 180HP
• Audi R8 V10 – 525HP
• Bentley Mulsanne – 512HP
• BMW 428i – 245HP
• BMW X1 18d – 143HP
• Fiat 500L – 105HP
• Ford C-Max 1.0 – 125HP
• Mazda MX-5 – 160HP
• Mercedes S500 LWB
• Opel Ampera – 150HP
• Renault Zoe – 88HP
• Rolls Royce Ghost – 570HP
• VW Golf Blue TDi – 150HP
• VW Beetle Model 2003 – 46HP

mercedez-s500-lwb

1st Place

MERCEDES S500 LWB

V8 twin turbo, front engine, rear drive

CAPACITY : 335 kW (455 hp) at 5250 rpm

TYRES : Pirelli W 240 Sottozero III 245/45 R 19 V

ACCELERATION : 0-100 km/h in 4.8 s

TOP SPEED : 250 km/h

REVIEW

Hanya mereka yang pernah mengendarai New S-Class pada kecepatan maksimum tahu bagaimana bunyi mobil ini. Mesin V8 bensin ini terletak didalam kap depan mobil yang terisolasi dengan sangat baik. Jalan pada kecepatan 100km/jam, suara yang dihasilkan dari mobil bermesin 455hp ini hanya menimbulkan derungan halus didalam kabin interior. Pada kecepatan 130km/jam, anda hampir tidak mendengar bunyi dari mesin twin turbo nya yang sedang bekerja. Sungguh mengesankan ketenangannya pada kecepatan konstan maupun jalan berbatuan. Jika berlari pada kecepatan 250km/jam anda hanya akan mendengar suara samar-samar angin yang masuk kedalam kabin. Ketika dalam keadaan idle, anda sama sekali tidak akan mendengar apa-apa kecuali bunyi kipas AC yang halus pada kursi baris pertama. Mesin yang senyap dan chassis yang terinsulasi dengan baik. S-Class 500 LWB layak menempati posisi pertama

SCORING

Driving at a constant speed (at 50, 100, 130 km/h) :
8.47 / 14.55 / 20.51 sone*

Acceleration (0–100 km/h) :
20.44 sone

Top speed :
45.72 sone

Cobblestones (at 40 km/h) :
25.27 sone

Interior noise (stationary and idling) :
3.81 sone

Auditory perception :
(subjective score for noise type) Score 1

Speech intelligibility (determined at 130 km/h)
Score 1-

* Sone adalah satuan persepsi terhadap tingkat kerasnya suara
rollsroyce-ghost

2st Place

ROLLS ROYCE GHOST

V12 twin turbo, front engine, rear drive

CAPACITY : 420 kW (570 hp) at 5250 rpm

TYRES : Goodyear Efficient Grip V./h. 255/45 – 285/40 ZR 20 Y

ACCELERATION : 0-100 km/h in 4.9 s

TOP SPEED : 250 km/h

REVIEW

Berdasarkan sejarah Rolls Royce, suara yang paling keras didalam kabinnya adalah bunyi detakan jam yang anda gunakan. Hari ini Rolls Royce memberikan performa akustik yang berbeda. Ketika mobil ini melaju, mesin raksasa sebesar 570HP menunjukan jati diri yang sebenarnya dan membuat suara yang sesungguhnya terdengar didalam kabin. Sepertinya ini dibuat sengaja agar penggunanya tidak ragu bahwa mesin yang digunakan bertenaga 570HP. Namun, ketika Rolls Royce berjalan pada kecepatan konstan, suara didalam kabin hampir tidak ada. Pada jalan bebatuan, suara yang dihasilkan pun juga masih tetap sesuai ekspektasi. Sewaktu pengukuran dilakukan, microphone mendeteksi ada bunyi deritan samar-samar sandaran belakang, dimana suara tersebut membuat mobil ini menjadi agak ” berisik “. Selama uji coba dilakukan, Rolls Royce Ghost memberikan kenyamanan suara yang cukup baik. Namun bunyi pada kabin interior merupakan catatan penting bagi tim Rolls Royce.

SCORING

Driving at a constant speed (at 50, 100, 130 km/h) :
9.21 / 15.34 / 21.07 sone

Acceleration (0–100 km/h):
21.82 sone

Top speed :
56.52 sone

Cobblestones (at 40 km/h) :
27.08 sone

Interior noise (stationary and idling) :
4.61 sone

Auditory perception :
(subjective score for noise type) Score 1

Speech intelligibility (determined at 130 km/h) :
Score 1-

* Sone adalah satuan persepsi terhadap tingkat kerasnya suara
bentley-mulsanne

3rd Place

BENTLEY MULSANNE

V8 twin turbo, front engine, rear drive

CAPACITY : 377 kW (512 hp) at 4200 rpm

TYRES : Dunlop SP Sport Maxx GT 265/40 ZR 21

ACCELERATION : 0-100 km/h in 5.1 s

TOP SPEED : 296 km/h

REVIEW

Mesin yang tenang dengan kinerja brutal adalah julukan yang tepat untuk BENTLEY Mulsanne ini. Bahkan pada jalan bebatuan, mobil ini tetap menunjukan performa isolasi suara yang luar biasa sehingga mobil ini tetap dapat meluncur dengan nyaman. Namun, bunyi derungan yang berasal dari ban terdengar cukup jelas.

Sekilas jika kita melihat kompartemen mesin bahwa mesin ini benar-benar tertutup dengan rapat hampir tidak mungkin suara keluar dari sana. Ketika akselerasi penuh suara mesin V8 ini mulai terdengar – sedikit agak kasar. Dengan kecepatan yang sangat impresif yaitu mendekati 300km/jam. Pada kecepatan tersebut suara desiran kebisingan angin tidak masuk kedalam kabin namun yang berbunyi adalah derungan angin dari luar meskipun mobil ini sudah dilengkapi dengan double glass.

Mesin mobil Bentley ini menunjukan performa yang luar biasa namun kebisingan pada ban dan bunyi derungan angin dari luar menjadi pekerjaan rumah tim Bentley. Meskipun demikian, tingkat kebisingan mobil Bentley ini tetap tergolong rendah.

SCORING

Driving at a constant speed (at 50, 100, 130 km/h) :
8.49 / 14.21 / 19.7 sone

Acceleration (0-100 km/h) :
21.87 sone

Top speed :
64.73 sone

Cobblestones (at 40 km/h) :
29.43 sone

Interior noise (stationary and idling) :
4.53 sone

Auditory perception
(subjective score for noise type) Score 1+

Speech intelligibility (determined at 130 km/h) :
Score 1-

* Sone adalah satuan persepsi terhadap tingkat kerasnya suara

BAGAIMANA PROSES UJI COBA DILAKSANAKAN

Tes dilaksanakan oleh majalah jerman AUTO BILD bersama dengan Bruel & Kjaer. Dua orang engineer dari Bruel & Kjaer membawa peralatan terbaru mereka, yang dirancang khusus untuk digunakan didalam mobil penumpang. Head And Torso Simulator ( HATS ) diletakkan didepan atau dibelakang kursi mobil dan menangkap suara dari microphone yang berada di kepala HATS tersebut.

Selain itu headset binaural pun digunakan agar engineer dapat mendengarkan suara yang terekam didalam mobil. Kedua sistem tersebut terkoneksi melalui WLAN ke PC tablet, sehingga mudah untuk memantau pengukuran.

Sebuah prasayarat untuk menghasilkan pengukuran yang akurat adalah menghindari kebisingan yang tidak perlu, seperti benda-benda yang bisa menghasilkan bunyi seperti pena, gantungan kunci tidak diperbolehkan masuk kedalam kabin mobil. Uji coba dilaksanakan di track milik AUTO BILD di Bremerhaven oleh seorang supir penguji dan engineer.

uji-kebisingan-mobil-bruel-and-kjaer

PERHITUNGAN POIN YANG DIBERIKAN

autobahn-jerman

Kesimpulan yang diberikan berdasarkan gabungan dari tujuh kejadian dengan uji bobot yang berbeda. Suara didalam kabin untuk semua kandidat mobil diukur. Pada kondisi kecepatan konstan, nilai rata-rata dari 50, 100 dan 130km/jam akan dievaluasi. Pada kasus kecepatan dari 0km/jam sampai 100km/jam, pengukuran kebisingan tertinggi ( peak ) akan dievaluasi.

AUTO BILD sudah menentukan kecepatan tertinggi ketika uji coba dilakukan di autobahn ( jalan tol di jerman ). Tingkat kejelasan pembicaraan juga menjadi penilaian, seberapa baik penumpang dapat mendengar satu sama lain pada kecepatan 130km/jam di autobahn. Bagi banyak peserta, hal ini bukan masalah. Pada kenyataannya, pembicaraan sulit dilakukan pada  kecepatan tinggi dan menghasilkan noise yang sangat tinggi terutama pada VW Beetle.

Ketika mengukur parameter persepsi pendengaran, penilaian kebisingan secara subjektif dilakukan pada ke 14 peserta tersebut. Disinilah kualitas suara menjadi parameter yang sangat penting. Pada akhirnya, AUTO BILD memilih mobil bermesin V8 dari beberapa jenis mobil Bentley sampai mobil bermesin V12 Rolls Royce.

Microphone yang presisi, perangkat lunak yang canggih dan perangkat HATS sudah mendengarkan suara semua kandidat. Mercedes S-500 LWB menjadi batas kebisingan terendah dibandingkan kandidat lain – bahkan lebih senyap daripada Rolls Royce. Dimana mobil-mobil listrik tidak menjamin memberikan kesenyapan didalam kabin anda.

Share With Your Friends...
Share on Facebook2Tweet about this on Twitter0Google+2