Share With Your Friends...
Share on Facebook3Tweet about this on Twitter0Google+0

SEPULUH KOTA PALING BERISIK DI DUNIA

Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa tingkat kebisingan yang sehat tidak boleh melampaui 55 desibel pada siang hari dan 40 di malam hari. Berikut ini adalah beberapa kota di negara besar  yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi. Apa saja kah kota-kota itu?

Mumbai, India

Sebuah artikel pada Mumbai Mirror menggambarkan bahwa Mumbai sebagai kota yang “tidak layak untuk dihuni, karena hiruk pikuknya.” Majalah Traffic Infra Tech menunjukkan bahwa tiga kontributor utama polusi suara yang terjadi di Mumbai adalah proyek-proyek konstruksi, bunyi petasan dan pengeras suara selama festival, serta membunyikan klakson sembarangan. Dan pelanggar terburuk yang membunyikan klakson adalah sopir Bajaj dan sopir taksi.

india_mumbai_street-@akustika.co.id

Kolkata, India

india_kolkata_street-@akustika.co.id

Kota yang senang membunyikan klakson ini, menurut The Telegraph, Kolkota, telah membunyikan klakson hingga berada di titik grafik decibel yang tinggi. Sebuah survei oleh West Bengal Pollution Control Board mengungkapkan bahwa salah satu persimpangan jalan tersibuk di kota ini rata-rata membunyikan klakson 18.857 dalam 24 jam, atau satu klakson setiap lima detik. Selama siang hari, rata-rata bunyi satu klakson adalah setiap tiga detik.

Kairo, Mesir

Polusi suara telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan dalam 24 jam di kota ini dan telah menyebabkan masalah pendengaran, cepat emosi, dan bahkan kematian. Menurut sebuah studi oleh Pusat Penelitian Nasional di Mesir, tingkat kebisingan rata-rata berada pada 90 dB dan tidak pernah turun di bawah 70 dB. Hal ini dapat dibandingkan dengan menghabiskan waktu sepanjang hari di dalam pabrik.

egypt_kairo_street-@akustika.co.id

New York City, Amerika Serikat

united states_new york_street-@akustika.co.id

“Kota yang tidak pernah tidur” adalah kota terpadat di Amerika Serikat dan kebisingan yang terjadi secara konsisten menjadi masalah nomor satu dalam kehidupan. Otoritas New York menerima lebih dari 40.000 keluhan kebisingan pada tahun 2012, mulai dari truk sampah, sirene polisi sampai bunyi perawatan alat pemotong rumput dan suara hewan lainnya.

Delhi, India

Tingkat kebisingan yang dihasilkan dapat dikatakan berbahaya dan traumatis, karena gangguan hilangnya pendengaran warga, 15 tahun lebih awal dari yang diharapkan. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa tidak ada satu pun daerah di Delhi yang lulus standar kontrol kebisingan dari Central Pollution Control Board’s.

india_delhi_street-@akusika.co.id

Tokyo, Jepang

japan_tokyo_street-@akustika.co.id

Di kota ini memiliki populasi 35 juta orang, polusi suara yang terjadi disebabkan oleh bunyi loudspeaker untuk menyampaikan pesan dimuka umum, pekerjaan konstruksi dan transportasi. Kondisi ini memaksa banyak warganya mengenakan penutup telinga saat mereka menjalani kehidupan mereka sehari-hari.

Madrid, Spanyol

Sekitar 80% dari semua suara yang dihasilkan di Madrid berasal dari kebisingan lalu lintas. Sisanya adalah suara radio yang keras, televisi, bunyi musik keras yang datang dari toko-toko dan klub-klub malam.

spain_madrid_street-@akustika.co.id

Buenos Aires, Argentina

argentina_buenoaires_stree-@akustika.co.id

Meningkatnya kegiatan konstruksi, kendaraan dan aktifitas manusia membuat kota ini paling berisik di wilayah tersebut. Kebisingan yang terjadi juga disebabkan oleh bis yang mengebut di sepanjang jalan dan suara kereta. Kondisi udara yang panas dan lembab juga memaksa banyak penduduk untuk membuka jendela rumah mereka, atau menghidupkan AC terus-menerus.

Shanghai, Cina

Kota yang sibuk ini memiliki populasi lebih dari 24 juta, setiap tahun ada 100.000 keluhan kebisingan . Inilah yang disebut kehidupan sosial yang bising ( secara umum terjadi karena lalulintas ) merupakan bentuk paling menjengkelkan. Jenis kebisingan yang terjadi adalah suara dari speaker yang dipasang diluar toko, binatang peliharaan ( gonggongan anjing ), acara publik ditengah jalan, karaoke diluar ruangan, kegiatan di kedai teh dan penggemar olahraga.

china_shanghai_street-@akustika.co.id

Karachi, Pakistan

pakistan_karachi_street-@akustika.co.id

Dengan lima juta kendaraan di jalan, tak heran bahwa lalu lintas adalah penyebab utama polusi suara di Karachi. Sebuah studi yang dilakukan di Karachi melaporkan bahwa sekitar 83% dari polisi lalu lintas, 33% supir becak dan 57% dari pemilik toko di pusat perbelanjaan yang sangat sibuk memiliki gangguan pendengaran.

Share With Your Friends...
Share on Facebook3Tweet about this on Twitter0Google+0